https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Recipe: Perfect Garang Asem Ayam

Tuesday, November 17, 2020

Garang Asem Ayam. Lihat juga resep Garang Asem Ayam enak lainnya. Jangan tertipu dengan penampilannya yang hanya berbungkus daun pisang serta layu akibat dikukus. Ketika disantap, garang asem ayam nikmatnya tiada tara.

Garang Asem Ayam Garang asem adalah olahan daging ayam berkuah asam segar dan pedas yang dibungkus dalam bungkusan daun pisang berbentuk tum. Cara memasak garang asem terbilang praktis, karena kamu hanya perlu membalur ayam dengan bumbu dan mengukus potongan ayam dengan bumbu potong di daun pisang. Resep dengan petunjuk video: Garang Asam Ayam adalah salah satu masakan Jawa Tengah yang pembuatannya sangat sederhana dan singkat. You can have Garang Asem Ayam using 14 ingredients and 5 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of Garang Asem Ayam

  1. It's 1 kg of ayam (saya pakai ayam kampung muda),potong potong.
  2. Prepare 1 liter of santan, bisa ditambah / dikurangi sesuai selera.
  3. It's 10 buah of belimbing wuluh (potong 1 cm).
  4. You need 3 buah of buah tomat hijau (potong2).
  5. You need 2 of tomat merah (potong2), sy skip.
  6. Prepare 6 lembar of daun salam (robek2 kasar).
  7. It's 6 lembar of daun jeruk (robek kasar).
  8. It's 20 biji of cabe rawit utuh.
  9. You need 2 batang of serai (memarkan).
  10. Prepare Secukupnya of garam, gula & lada bubuk.
  11. It's 1 ruas of lengkuas (memarkan/iris tipis).
  12. Prepare 1 ruas of jahe (memarkan).
  13. You need 8 siung of bawang merah, iris iris.
  14. You need 6 siung of bawang putih, iris iris.

Di bungkus dengan daun pisang, di beri santan yang gurih. Resep Garang Asem Ayam - Bosan makan dengan menu ayam yang begitu-begitu saja? Sesekali cobain resep garang asem ayam kampung yang satu ini, dijamin nabsun makanmu bertambah karena sepiring nasi hangat akan ludes seketika jika disandingkan bersama sajian ini. Itulah beberapa variasi olahan garang asem ayam yang bisa Kamu coba di rumah.

Garang Asem Ayam instructions

  1. Panaskan 2 sdm minyak goreng, tumis bawang merah & bawang putih sampai wangi, masukkan serai, jahe & lengkuas, aduk rata,.
  2. Masukkan ayam aduk2 sampai berubah warna,.
  3. Matikan api. Tuangi santan, aduk rata,bumbui garam, gula & lada bubuk, tes rasa.
  4. Tumpuk 2 lembar daun pisang yg agak lebar (atau bisa juga lapisi plastik diantara 2 tumpukan daun agar tdk bocor), tata irisan belimbing wuluh, tomat hijau, cabe rawit utuh, daun salam & daun jeruk yang sudah dirobek2, tata beberapa potong ayam & tuangi kuahnya, bungkus dan semat dengan lidi/tusuk gigi, lakukan sampai habis. Kukus ayam dalam dandang yang sudah dipanaskan terlebih dahulu, kukus selama kurleb 20-30 menit.
  5. Setelah matang angkat, sajikan segera..

Untuk tingkat keasaman dan kepedasan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing yaa. Garang asem merupakan resep makanan khas dari Jawa Tengah. Makanan ini sudah sangat familiar bagi masyarkat terutama orang Jawa. Banyak sekali variasi dari masakan ini seperti resep garang asem daging, garang asem ayam, garang asem ayam bening, dan masih banyak lagi. Cita rasa garang asem dengan tambahan rasa pedas, semakin menggugah selera.


Author

Apri'W